Home > Fraksi > Fraksi PKS DPRD Kota Malang Kirim Tangki Air ke Warga Terdampak Krisis Air

Fraksi PKS DPRD Kota Malang Kirim Tangki Air ke Warga Terdampak Krisis Air

f-pks kota malang peduli krisis air

PKS Peduli Krisis Air

Setelah beberapa waktu yang lalu Jebolnya pipa jariangan air PDAM atau Perumda Tugu Tirta Kota Malang jebol di wilayah Desa Pulungdowo, Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang memunculkan dampak krisis air di beberapa wilayah di Kota Malang.

Menurut catatan, masih terdapat sekitar 10 ribu pelanggan yang kebutuhan air bersihnya belum tertangani secara maksimal. Kejadian tersebut, memang membuat beberapa sambungan rumah di Kota Malang mengalami krisis air bersih, seperti di Kecamatan Kedungkandang dan Kecamatan Sukun.

Upaya penyediaan tangki air memang telah dijalankan, namun kebutuhan air di setiap keluarga dianggap belum terpenuhi. Kemudian, rekayasa jaringan dengan mengalihkan sebagian debit air dari pipa transmisi jalur Wendit 1 dan Wendit 3 untuk mengatasi sambungan rumah warga yang terdampak juga telah dilakukan.

Namun, upaya tersebut masih belum mampu menyuplai semua warga yang terdampak. Karenanya, beberapa wilayah masih kesulitan mendapat akses air bersih selama sepekan terakhir ini.

Melihat kondisi di lapangan, dengan banyaknya warga yang kurang mendapat supply air bersih secara maksimal itu Fraksi PKS DPRD Kota Malang berinisiatif ikut menyalurkan bantuan air bersih.

Sebanyak enam tangki air bersih tersebut disalurkan kepada warga di wilayah TK Zam-Zam Wonokoyo, Perumahan Citra Nirwana Residence dan beberapa daerah di Kedungkandang lainnya.

“Apa yang kami berikan memang tidak besar tapi ini menandakan kalau kami sangat peduli terhadap krisis air bersih yang terjadi,”

ujar Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Malang, Trio Agus Purwono melalui keterangan tertulisnya, Jumat (17/1).

Penyaluran distribusi air bersih tersebut turut melibatkan struktur DPC PKS di Kecamatan Kedungkandang. Sehingga wilayah-wilayah yang memang belum mendapatkan akses tangki air dari Perumda Tugu Tirta Kota Malang yang lebih diprioritaskan.

Lebih lanjut, pria yang menjabat sebagai Ketua Komisi B DPRD Kota Malang menyatakan, pihaknya akan terus melakukan pemantauan kinerja dari Perum Tugu Tirta Kota Malang untuk sesegra mungkin menyelesaikan persoalan krisis air bersih. Baik itu melalui, solusi jangka pendek, jangka menengah ataupun jangka panjang.

Seperti, rekayasa jaringan, pelayanan mobil tangki gratis secara cepat dan tepat, membangun terminal air, revitalisasi sumur dan sumber air lain yang bisa dimanfaatkan dan segera mengganti pipa yang pecah secara permanen sehingga tidak akan memunculkan permasalahan lagi di kemudian hari.

“Karena hal ini menyangkut kebutuhan dasar masyarakat sehingga dikhawatirkan jika berlarut larut akan menimbulkan dampak lainnya. Kami ingin krisis ini segera teratasi dan menjadi pelajaran buat pengelolaan Tugu Tirta agar bisa lebih baik lagi ke depannya,”

pungkasnya sekaligus penutup dari Ketua Komisi B DPRD Kota Malang tersebut.

Malang Times.

PKS Kota Malang

You may also like
PKS Peduli Bencana
PKS Peduli Bencana Banjir
f-pks lunching hari aspirasi - pks kota batu
Penuhi 1 Fraksi, PKS Launching Hari Aspirasi

Leave a Reply